Kapal Motor Tenggelam, 12 ABK Selamat, Seorang Hilang

Kapal Motor Tenggelam, 12 ABK Selamat, Seorang Hilang
Kapal Motor Tenggelam, 12 ABK Selamat, Seorang Hilang

SITUBONDO - Kapal layar motor (KLM) Karya Utama yang berlayar dari Pelabuhan Jangkar tujuan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dikabarkan hancur dan tenggelam di perairan Madura kemarin (6/1). Sebanyak 12 awak kapal berhasil ditolong, sementara seorang awak kapal dinyatakan hilang.

KLM Karya Utama dinakhodai Samsudin. Lalu, mualim kapal adalah Moh. Hasin, operator radio Runiyanto, dan masinis Massuri. Empat orang lainnya adalah juru mudi. Yakni, Abd. Hamid, Safi, Abd Rahman, dan H Sulaiman (belum ditemukan). Sedangkan Abd. Rafik, Sanidi, Yandi, Massudi, Heri, dan Ach. Dhofir bekerja di loteng kapal. 

''Di antara 13 orang itu, satu belum ditemukan. Yaitu, H Sulaiman,'' kata Jefri, aggota Basarnas Situbondo. ABK yang lain berhasil ditolong kapal tanker Podas dan kapal Pelni yang melintas di lokasi. Mereka melihat para ABK Karya Utama mengapung. Kemudian, Kapal Nasional SAR 225 Basarnas berangkat dari Surabaya untuk menjemput seluruh ABK KLM Karya Utama di perairan utara Pulau Madura. 

KLM Karya Utama yang dinakhodai Samsudin sebelumnya dinyatakan hilang kontak pada Sabtu lalu (4/1). Kapal yang membawa 13 anak buah kapal (ABK) itu juga mengangkut 204 ekor sapi dan 750 ekor kambing. Kepala Kantor Unit Pelabuhan Kalbut Agus Puji membenarkan kabar tersebut. ''Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Jangkar Jumat lalu (2/1). Seharusnya, Minggu (4/1) sekitar pukul 04.00 kapal itu sampai tujuan,'' kata Agus kemarin (6/1).

SITUBONDO - Kapal layar motor (KLM) Karya Utama yang berlayar dari Pelabuhan Jangkar tujuan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dikabarkan hancur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News