Kapal Perintis untuk Masyarakat di Kepulauan Seribu

Kapal Perintis untuk Masyarakat di Kepulauan Seribu
Ilustrasi kapal/ dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat di Kepulauan Seribu tampaknya tak lama lagi bisa  menikmati layanan kapal perintis. Pasalnya saat ini kapal KM Sabuk Nusantara 46 dengan tipe 200 DWT, yang dioperasikan PT Pelni telah disiapkan Kementerian Perhubungan untuk melayani masyarakat di Kepulauan Seribu.

Dengan rute Sunda Kelapa- Pulau Untung Jawa - Pulau Pramuka - Pulau Tidung - Pulau Kelapa pulang pergi. Kapal perintis tersebut nantinya mampu mengangkut penumpang hingga mencapai 114 orang.

"Pengadaan kapal perintis ini merupakan wujud komitmen Kemenhub untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kapasitas sarana transportasi laut di Kepulauan Seribu, yang selama ini masih terbatas aksesnya," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata.

Untuk membiayai pengoperasian trayek kapal perintis tersebut, Kemenhub telah menganggarkan Public Service Obligation (PSO) sebesar Rp5,9 miliar, yang berasal dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub.

Dengan beroperasinya KM Sabuk Nusantara 46 tersebut, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah Kepulauan Seribu dengan tarif yang terjangkau, dan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

"Kami juga berharap KM Sabuk Nusantara 46 turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat dengan tumbuhnya pusat-pusat perdagangan dan industri di daerah tersebut," tandas Barata di Jakarta, Selasa (26/1). (chi/jpnn)


JAKARTA - Masyarakat di Kepulauan Seribu tampaknya tak lama lagi bisa  menikmati layanan kapal perintis. Pasalnya saat ini kapal KM Sabuk Nusantara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News