Kapal Perompak MT Orkim Harmony Sembunyi di Batam

Kapal Perompak MT Orkim Harmony Sembunyi di Batam
MT Orkim Harmony yang dibajak. FOTO twitter

jpnn.com - SEKUPANG - Tim gabungan dari Sea Raider Yonif 10/Marinir dan Lantamal IV Tanjungpinang berhasil menemukan lokasi persembunyian tugboat perompak TB Malabo berbendera Indonesia di perairan Pulau Seloko Teluk Senimba Tanjung Riau, Batam, Sabtu (20/6) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. 

Informasi yang didapatkan, kapal ini sebelumnya telah melakukan perompakan terhadap kapal tanker MT Orkim Harmony di perairan Vietnam. Bahkan beberapa anak buah kapal tersebut diamankan, sementara tugboat itu berhasil meloloskan diri dan bersembunyi di perairan Batam.

"Kita dari malam mendapatkan informasi adanya tugboat ini. Lalu kita memutari perairan Kabil, Punggur sampai Sekupang," ujar Dantim Sea Rider, Lettu Rahmat Riadi seperti dikutip dari Batam Pos (Grup JPNN).

Saat ditemukan kondisi tagboat ini berantakan dengan beberapa peta laut seperti Singapura, Malaysia dan Thailand serta sebuah bendera Malaysia. Selain itu cat tagboat sebelumnya warna orange dirubah menjadi hitam.

"Mereka menghilangkan jejak dengan mencat tagboat menjadi warna hitam." terangnya.

Ia menambahkan tugboat ini sudah disalahgunakan para ABK dengan merompak kapal-kapal tanker. Biasanya, tugboat ini mempunyai modus dengan bersandar di kapal tanker yang akan menjadi target.

"Dugaan kita tugboat ini sudah bersandar selama empat hingga lima hari diperairan Batam. Dan sekarang beberapa ABKnya sudah ada di darat (Pulau Batam, red)," tuturnya.

Sementara itu Danyonif 10/Mar Letkol Krenso Pratowo membenarkan adanya penemuan kapal perompak. Ia mengatakan keberhasilan anggotanya berkat adanya data dari intelegen perompak di laut.

SEKUPANG - Tim gabungan dari Sea Raider Yonif 10/Marinir dan Lantamal IV Tanjungpinang berhasil menemukan lokasi persembunyian tugboat perompak TB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News