Rabu, 14 November 2018 – 15:58 WIB

Kapal Wisata Rusia Tenggelam, 2 Tewas, 15 Hilang

Senin, 11 Juli 2011 – 19:54 WIB
Kapal Wisata Rusia Tenggelam, 2 Tewas, 15 Hilang - JPNN.COM

MOSKOW - Musibah kecelakaan terjadi di Rusia kemarin (10/7). Sebuah kapal pesiar berpenumpang lebih dari 170 orang tenggelam di Sungai Volga. Tim penyelamat telah menemukan dua jenazah dan 15 orang lainnya dinyatakan hilang.

Kapal bernama Bulgaria itu tenggelam di wilayah Tatarstan, sebelah barat Rusia, sekitar pukul 13.58 waktu setempat (sekitar pukul 15.58 WIB). "Kami masih belum tahu penyebab kapal itu tenggelam. Ada 140 penumpang dan 33 staf di dalam kapal tersebut. Sebuah kapal lain yang kebetulan melintas menolong sejumlah penumpang," ujar juru bicara kementerian situasi darurat Rusia. Dia menambahkan, sebuah tim penyelamat dengan dibantu helikopter terus mencari para penumpang yang hilang.

Kantor berita Reuters melaporkan, kapal tersebut berlayar dengan tujuan ibu kota Tatarstan, Kazan, 500 mil (sekitar 900 kilometer) timur Moskow. Lalu, Bulagria tenggelam tiga kilometer dari tepi sungai tempat mereka berangkat. "Kapal itu tenggelam pada kedalaman 20 meter," kata Marat Rakhmatullin, juru bicara kementerian situasi darurat lokal.

Kantor berita RIA-Novosti, mengutip keterangan pejabat lokal, menyatakan bahwa 78 orang telah berhasil diselamatkan dan 15 lainnya masih hilang. Sebanyak 80 orang diselamatkan kapal yang lewat. Sementara itu, sejumlah penumpang lainnya berhasil menuju ke tepi sungai dengan pelampung dan dibantu tim penyelamat. Dua orang selamat dalam kondisi kritis harus dirawat di rumah sakit setempat.

Bulgaria merupakan kapal milik perusahaan wisata lokal. Kapal tersebut rutin berlayar dari Kota Bulgar menuju Kazan.

Dalam situs resmi perusahaan itu, diungkapkan bahwa kapal buatan Republik Ceko tersebut didesain untuk 140 penumpang. Laporan terakhir menyebut bahwa kapal berisi 173 penumpang, termasuk staf. Kapal tersebut dibuat pada akhir 1950-an.

Rakhmatullin menjelaskan bahwa salah  seorang penumpang yang tewas berjenis kelamin perempuan. Jenazahnya ditemukan tenggelam, dan kini berada di rumah sakit terdekat.

Sungai Volga merupakan sungai terbesar di Eropa dari sisi aliran dan luas. Lebar sungai itu mencapai 30 kilometer.

Sungai tersebut menjadi tujuan wisata populer, khususnya pada musim panas. Hampir semua kota besar di Rusia berada di tepi sungai tersebut. Belum diketahui apakah kapal itu berlayar untuk perjalanan dalam waktu lama atau hanya wisata sehari.

Seorang ahli pariwisata menyatakan kepada RIA-Novosti bahwa usia penyekat yang cukup tua telah membuat kapal itu tidak mampu menahan dorongan air. Apalagi, beban kapal melebihi batas. "Kasus ini adalah kecelakaan tenggelam dalam waktu yang amat cepat," katanya.

Menurut dia, selain kondisi kapal yang berusia tua, sangat kecil kemungkinan lain penyebab kecelakaan. Alasannya, karakteristirk Sungai Volga justru sangat bersahabat. Sungai yang membelah Danau Kaspian itu sudah begitu populer bagi wisatawan domestik dan asing. (RTR/AFP/AP/cak/dwi)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar