Kapan Kasus COVID-19 Turun? Begini Prediksi Peneliti UI

Kapan Kasus COVID-19 Turun? Begini Prediksi Peneliti UI
Ilustrasi: Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7). Foto : Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota tim peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKUI) Muhammad N Farid memprediksi kasus positif COVID-19 masih akan naik hingga akhir bulan mendatang.

"Jadi penurunan di Februari dan kenaikan di Juni kami buat skenarionya."

"Seandainya kenaikan di Juni ini terus terjadi, artinya PPKM Darurat tidak terlalu mengubah perilaku masyarakat, kira-kira masih naik terus sampai mungkin lebih dari 25 ribu sampai 30 ribu sehari di Jakarta," kata Farid dalam diskusi daring, Selasa (13/7).

Berdasarkan data yang diambil dari awal PPKM Darurat Jakarta hingga 12 Juli kemarin, Farid menyebut pakar memperkirakan angka kasus masih akan naik dan baru akan menurun pada Agustus-September 2021.

"Kalau misal diharapkan hari ini atau besok sudah mulai turun, kelihatannya enggak mungkin."

"Masih naik dulu kemudian baru akan turun. Karena ini perlu waktu untuk mengubah perilaku. Sebab perilaku di masyarakat belum terlihat sampai saat ini," katanya.

Farid kemudian mengemukakan hasil survei yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Lembaga Eijkman, CDC Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta belum lama ini.

Peningkatan kasus terjadi sangat drastis terutama di wilayah Jakarta pada Juni lalu. Hal tersebut berdampak pada estimasi prevalensi yang dilakukan pada Maret.

Kapan kasus COVID-19 turun? begini prediksi peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News