JPNN.com

Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga di Bulan Puasa?

Jumat, 31 Mei 2019 – 19:41 WIB Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga di Bulan Puasa? - JPNN.com

jpnn.com - Siapa bilang olahraga saat berpuasa bikin tambah lemas? Sebaliknya, olahraga yang dilakukan di waktu yang tepat justru akan membuat stamina Anda tetap prima selama berpuasa.

Para pakar telah mengetahui manfaat berpuasa dan berolahraga. Sesungguhnya, kedua kombinasi tersebut merupakan taktik menurunkan berat badan yang sangat efektif, bahkan dapat mencegah timbulnya diabetes!

Manfaat berolahraga saat puasa

Sebuah penelitian pada 2016 yang dimuat dalam The Journal of Nutrition and Metabolismmenemukan bahwa puasa yang dilakukan sebelum olahraga di pagi hari akan meningkatkan pembakaran lemak. Ini pun berlaku di bulan Ramadan, di mana olahraga umumnya dilakukan setelah seharian berpuasa.

Dalam kondisi normal, tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi saat berolahraga. Namun bila Anda sedang berpuasa, cadangan karbohidrat yang disebut glikogen sangat mungkin telah habis digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Konsekuensinya, tubuh akan menggunakan sumber energi lain, yakni lemak. Karena itulah, olahraga yang dilakukan saat puasa berpotensi membakar lemak lebih banyak sehingga efektif bila Anda ingin menurunkan berat badan.

Kapan waktu yang tepat?

Para pakar menganjurkan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah sebelum waktu berbuka atau kurang lebih setelah pukul 15.00 WIB. Secara psikologis, pilihan waktu ini membuat Anda lebih semangat karena tak perlu lama menunggu waktu buka puasa setelah berolahraga.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...