Kapitra Menduga Inilah Penyebab Penularan Covid-19 di Indonesia Begitu Cepat

Kapitra Menduga Inilah Penyebab Penularan Covid-19 di Indonesia Begitu Cepat
Kapitra Ampera. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kapitra Ampera menyebut penularan Covid-19 di Indonesia sangat cepat dan banyak.

Hal ini diduga Kapitra, karena terdapat pihak yang sinis atas upaya penanganan Covid-19 dari pemerintah.

Kapitra mengungkap itu saat menjadi pembicara diskusi daring "Menjaga NKRI di Tengah Politisasi Penanggulangan Pandemi Covid-19" yang berlangsung Rabu (2/9). 

"Sekarang Covid-19 sudah sepuluh kali lebih cepat penularannya dari biasa. Itu penyebabnya apa, karena ada kelompok masyarakat yang sinisme terhadap upaya pemerintah untuk menanggulangi Covid-19," kata Kapitra, Rabu.

Selain itu, kata dia, terdapat kelompok yang abai terhadap protokol kesehatan, sehingga penularan Covid-19 di Indonesia terjadi dengan cepat. Kelompok ini yang sengaja tidak mengikuti protokol kesehatan setelah meremahkan Covid-19.

"Lalu ada lagi kelompok masyarakat yang tidak peduli dengan Covid-19 dan tidak mengikuti protokol Covid-19 yang disarankan dan diminta pemerintah," ucap dia.

Seharusnya, kata Kapitra, masyarakat bisa berpartisipasi nyata dalam penanggulangan Covid-19. Misalnya, mengikuti protokol kesehatan dengan ketat.

Kemudian masyarakat bisa berpartisipasi aktif dengan mengawal penggunaan anggaran Covid-19. Setidaknya dengan memastikan tidak terjadi penyimpangan penggunaan anggaran.

Kapitra menjelaskan dua penyebab penularan Covid-19 berlangsung cepat. Satu di antaranya karena terdapat kelompok yang sinis ke pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News