Kamis, 23 Mei 2019 – 17:01 WIB

Kapuspen Kemendagri Bahtiar: Gelorakan Semangat Pemilih Pemula Hadir ke TPS

Senin, 01 April 2019 – 04:39 WIB
Kapuspen Kemendagri Bahtiar: Gelorakan Semangat Pemilih Pemula Hadir ke TPS - JPNN.COM

jpnn.com, DEPOK - Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar menekankan pentingnya sosialisasi Pemilu untuk pemilih Pemula dan kaum Millenial. Pasalnya, tingkat pemahaman pemilih pemula dianggap masih minim dan belum memadai dalam menghadapi hari 'H' pencoblosan pada tanggal 17 April 2019 nanti.

"Nah, dari dialog awal tadi kelihatan sekali tingkat pemahaman anak-anak kita, adik-adik kita ini yang akan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 memang belum cukup banyak informasi yang diketahui. Pemahaman surat suara, bagaimana cara mencoblos, itu hampir blank mereka itu," kata Bahtiar usai menjadi narasumber dalam sosialisasi Pemilu untuk pemilih pemula di Kecamatan Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu, (31/03/2019).

Dengan gencar dan masifnya sosialisasi Pemilu bagi Pemilih Pemula, Bahtiar mengharapkan adanya transfer pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan politik dan pada gilirannya membentuk pemilih-pemilih yang rasional dan cerdas serta mampu melahirkan pemimpin cerdas.

"Dengan adanya kegiatan simulasi pemilu hari ini, maka paling tidak para pemilih pemula nanti pada hari H tanggal 17 April 2019 mereka lebih lancar dalam proses pencoblosan. Kemudian kita harapkan mereka tidak asal mencoblos, tapi juga diajarkan menjadi pemilih cerdas," ungkap Bahtiar.

BACA JUGA: Hasto Sampaikan Salam Cinta dari Bu Mega, Kader Banteng Serentak Jawab: Siap!

Lebih lanjut Bahtiar meminta forum atau sosialisasi Pemilu 2019 khususnya bagi pemilih pemula dapat dihadirkan dan digerakkan di seluruh wilayah.

"Kegiatan seperti ini semestinya digerakkan di seluruh daerah, di seluruh wilayah kecamatan, baik dilakukan oleh LSM, KPU maupun organisasi masyarakat lainnya. Jangan sampai pemilih pemula kita tidak menggunakan hak pilihnya hanya karena ketidaktahuannya atau kekurangan informasi atau sebagainya," harapnya.

Kapuspen juga sampaikan salam hangat, ucapan terimakasih dan bangga Mendagri Tjahyo Kumolo kepada "Forum Anak Cinere", anak- anak muda yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah kelas 11 dan kelas 12 Tingkat SLTA tapi memiliki kepedulian sangat tinggi dan kesadaran untuk ikut membantu penyelenggara pemilu dan pemerintah dalam melakukan sosiliasi dan simulasi pemilu.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar