Karena Malang Mengajukan Diri

Tuan Rumah Delapan Besar IIC

Karena Malang Mengajukan Diri
Inter Island Cup (IIC) 2014. Foto: getty images

jpnn.com - JAKARTA-PT Liga Indonesia (LI) akhirnya mengumumkan secara resmi tuan rumah babak delapan besar Inter Island Cup  (IIC) 2014. Bukan hanya delapan besar, partai final IIC pun sudah diputuskan bakal di gelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

 

Menurut Sekjen PSSI Joko Driyono, keputusan memilih Sidoarjo dilakukan karena fase menysihan IIC segera berakhir. Dengan pembagian delapan besar ke dua grup, PT LI menilai venue partai final pun sudah bisa diumumkan karena tidak ada kendala lagi.
    
"Kami sudah melakukan diskusi dengan peserta. Dengan berbagai pertimbangan, Solo dan Malang dipilih. Untuk final di Sidoarjo," ujarnya di kantor PSSI, kemarin (15/1).
    
Mengapa Malang dan Solo? Joko menyebut infrastruktur di dua kota itu cukup memadai. Selain itu, jarak tempuh serta kesiapan elemen lainnya untuk menyelenggarakan delapan besar IIC, cukup bagus. Selain itu, broadcast partner  juga menjadi mudah.
       
Sementara itu, pemilihan Stadion Gelora Delta sebagai tempat pelaksanaan partai final karena beberapa pertimbangan. Yang utama, adalah terkait keamanan.
       
"Green light dari pihak keamanan untuk melangsungkan laga final IIC 2014 di Sidoarjo sudah ada. Jadi kami pilih Sidoarjo," tuturnya.
       
Di sisi lain, terpilihnya Malang sebagai venue delapan besar sejatinya cukup mengejutkan. Sebab, Arema Cronous yang berkandang di kanjuruhan, adalah salah satu tim yang lolos. Padahal, lamanya memutuskan kota tuan rumah, sebelumnya menurut Sekretaris PT LI Tigor Shalom Boboy adalah karena adanya pertimbangan netralitas, melihat tim peserta delapan besar.
        
Saat ditanya lebih jauh terkait alasan Malang dipilih sebagai tuan rumah, Tigor akhirnya buka mulut. Dari kemungkinan selain Solo, ternyata Malang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Karena tak ada kota lain yang mengajukan, PT LI pun menyambut niat baik kota Apel.
       
"Malang Ngajuin diri jadi tuan rumah. Yang lain nggak ada ," ucapnya melalui pesan singkat, tadi malam.
       
Babak kualifikasi IIC sendiri sampai kemarin menyisakan pertandingan untuk zona Jawa I dan Jawa III. Setelah itu, mereka akan masuk ke babak delapan besar yang akan dihelat mulai 18 sampai 22 Januari mendatang.
       
Grup A akan berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 18, 19 dan 21 Januari 2014. Peserta Grup A adalah Sriwijaya FC, Arema Cronous, Barito Putera dan Perseru Serui.
       
Sementara, grup B, akan digelar di Stadion Manahan, Solo pada 19, 20 dan 22 Januari 2014. Pesertanya adalah Persiram Rajaampat, Mitra Kukar, juara Jawa I dan juara zona Jawa III (pertandingan masih berlangsung). (aam)


JAKARTA-PT Liga Indonesia (LI) akhirnya mengumumkan secara resmi tuan rumah babak delapan besar Inter Island Cup  (IIC) 2014. Bukan hanya delapan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News