Karhutla di Ogan Ilir Semakin Meluas

Karhutla di Ogan Ilir Semakin Meluas
Kebakaran hutan. Foto: Rakyat Kalbar/JPNN

jpnn.com, INDRALAYA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) sepertinya tidak terbendung lagi.

Padahal sebelumnya tiga pelaku pembakaran sudah ditangkap. Namun, hal itu nyatanya tidak membuat jera pelaku lain.

Buktinya belakangan ini karhutla hampir setiap hari terjadi. Bahkan kemarin (14/9) jumlah lokasi titik api cukup banyak.

Mulai di kawasan Desa Sungai Rambutan dan Soak Bato di Kecamatan Indralaya Utara, lalu Desa Pulau Semambu di Kecamatan Indralaya Induk, lalu di Kecamatan Tanjung Batu dan beberapa desa lain.

Kepala Pelaksana BPBD Pemkab OI Syakroni terlihat di lokasi kawasan Desa Sungai Rambutan untuk melakukan pengawasan terhadap lahan yang terbakar.

“Sampai saat ini kami belum menerima laporan resmi dari petugas Manggala Agni yang melakukan pemadaman, tentang luas lahan yang terbakar, karena petugas masih terus melakukan pemadaman,” kata Syakroni, kemarin.

Pantauan koran ini, karhutla yang cukup luas berada di kawasan Sungai Rambutan. Aksi pemadaman dilakukan melalui jalur darat oleh Manggala Agni, TNI, dan Polri.

Bahkan, upaya pemadaman juga dilakukan melalui jalur udara dengan melakukan water bombing oleh helikopter dari BPBD Sumsel.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) sepertinya tidak terbendung lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News