Kasal Meresmikan Fasilitas Pangkalan TNI AL Wilayah Timur

Kasal Meresmikan Fasilitas Pangkalan TNI AL Wilayah Timur
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi melaksanakan peresmian dan penandatanganan prasasti fasilitas Pangkalan TNI AL wilayah timur. Foto: Dispenal

jpnn.com, SORONG - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi melaksanakan peresmian dan penandatanganan prasasti fasilitas Pangkalan TNI AL wilayah timur.

Penandatangan prasasti fasilitas Pangkalan TNI AL di antaranya Dermaga Lantamal XIV Sorong, Dermaga Kapal Selam Surabaya, Dermaga Sempir II Surabaya, Dermaga Kapal Selam Lanal Palu, Dermaga Kapal Atas Air Lanal Palu. Talud Sheetpile Dbal Surabaya, Dermaga Kapal Atas Air Sei Pancang, Dermaga Kapal Atas Air Lanal Tual, dan Mes Transit Tegal Sari.

Peresmian itu dilaksanakan usai memberikan pengarahan exit briefing kepada Prajurit, PNS dan Jalasenastri Wilayah Lantamal IX, X, XI dan XIV, Minggu (29/4).

Laksamana Ade dalam amanatnya mengatakan konsep pembangunan pangkalan TNI Angkatan Laut dibagi menjadi beberapa bagian. Antara lain pemangkalan, pemeliharaan/perbaikan alutsista, fasilitas pangkalan, dan pemberdayaan pertahanan.

Menurutnya, setiap daerah memiliki kerawanan dan kepentingan paling tidak setiap pangkalan harus memiliki dermaga minimal 150 meter. Wilayah barat dan timur memiliki tingkat kerawanan masing-masing dan gangguan keamanan.

Untuk itu, kata dia, perlu adanya fasilitas pangkalan yang memadai. “Saya harapkan penggunaan pangkalan ini dapat dilengkapi agar dapat membantu dan mendukung kelancaran debarkasi dan embargasi alutsista dan personel,” katanya.

Usai melaksanakan peresmian dan penandatanganan fasilitas pangkalan TNI AL, Kasal beserta rombongan menuju ke Masjid Al-Fattah Mako Lantamal XIV untuk salat Dzuhur berjamaah,. Selanjutnya, Kasal beserta rombongan menuju ke Gedung Serba Guna Mako Lantamal XIV untuk ramah tamah bersama Prajurit, PNS dan Jalasenastri Wilayah Lantamal IX, X, XI dan XIV.

Selain itu, Kasal dan ibu beserta rombongan menuju ke TK Hang Tuah Sorong yang bertempat di Mako Lanal Sorong Jalan Arfak No. 01 Kota Sorong, Mako Lanal Sorong yang rencananya akan digunakan kembali menjadi Mako Lantamal XIV.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi melaksanakan peresmian dan penandatanganan prasasti fasilitas Pangkalan TNI AL wilayah timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News