Kasasi Dibatasi Kualitas PN dan PT Harus Ditingkatkan

Kasasi Dibatasi Kualitas PN dan PT Harus Ditingkatkan
Kasasi Dibatasi Kualitas PN dan PT Harus Ditingkatkan
JAKARTA -- Wacana pembatasan kasasi ke Mahkamah Agung terus mendapat kritikan. Meski disambut baik, beberapa kalangan meminta agar kualitas Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi ditingkatkan seiring dengan pembatasan kasasi ke lembaga Yudikatif tersebut.

Pengamat Hukum Pidana UI Rudi Satrio mengatakan sebenarnya semangat MA untuk membatasi perkara yang masuk sudah bagus. Karena menurutnya saat ini kondisinya sudah tidak terkontrol. "Perkara yang tidak ada bobotnya bisa dengan mudah sampai ke MA," ucap Rudi.

Namun pembatasan itu, lanjut Rudi harus didukung oleh beberapa hal. Salah satunya adalah pembenahan dan penguatan PN dan PT. Menurutnya begitu banyaknya kasasi, disebebkan pihak-pihak yang berperkara merasa belum menemukan keadilan di tingkat pengadilan sebelumnya. Dalam hal ini, hakim-hakimlah yang kualitasnya perlu ditingkatkan. "Jadi sumber daya manusianyalah yang harus disiapkan," imbuhnya.

Berarti selama ini kualitas hakim PN dan PT belum bagus" "Buktinya masih banyak pihak yang merasa belum puas dan mencari keadilan sampai ke MA," jawabnya. Pembenahan hakim tersebut bisa dengan beberapa cara. Salah satunya, hakim terus diberi pelatihan dan jumlahnya diperbanyak sehingga kualitas putusannya. Dan inilah yang menjadi tanggung jawab pemerintah dan Mahkamah Agung untuk terus membenahi lembaga yang ada di bawah naungannya.

JAKARTA -- Wacana pembatasan kasasi ke Mahkamah Agung terus mendapat kritikan. Meski disambut baik, beberapa kalangan meminta agar kualitas Pengadilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News