Kasihan, Siswa Harus Hadapi Empat Kali Ujian

Kasihan, Siswa Harus Hadapi Empat Kali Ujian
Siswa SMA sedang ujian nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Tahun ini siswa harus menghadapi empat kali ujian. Yakni Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), dan Ujian Nasional Perbaikan (UNP).

Kepala SMAN 1 Surabaya Johanes Mardijono membenarkan bahwa siswa pada tahun ajaran 2017 harus menghadapi empat ujian sekaligus. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi siswa.

”Karena itu, guru (SMA) nanti akan membuat ujian akhir sekolah semacam US,” kata Johanes, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Setelah itu, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan maka siswa akan mengikuti ujian lain yakni USBN dan UNBK yang digelar mulai April mendatang.

Sesuai prosedur operasional standar (POS) dari Kemendikbud, UNBK untuk SMK akan dilaksanakan terlebih dulu yakni pada 3-6 April 2017. Sedangkan UN SMA/MA akan berlangsung pada 10-13 April 2017.

Adapun UN SMP/MTs akan dilakukan dengan sistem dua gelombang. Gelombang pertama UN SMP/MTs yakni pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017.

Sedangkan gelombang kedua UN SMP/MTs berlangsung pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. Sistem dua gelombang tersebut dilakukan untuk mengantisipasi masalah kekurangan komputer.

Tak berhenti di situ, lanjut Johanes, siswa yang hasil UN-nya tidak mencapai standar kelulusan yakni 5,5, diharapkan mengikuti Ujian Nasional Perbaikan (UNP) yang rencananya akan digelar pada September mendatang.

Tahun ini siswa harus menghadapi empat kali ujian. Yakni Ujian Sekolah (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), dan Ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News