Kasus HIV AIDS Meningkat

Kasus HIV AIDS Meningkat
Kasus HIV AIDS Meningkat
JAMBI- HIV/AIDS di Kota Jambi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat, sejak 1999 lalu, hingga saat ini, sudah ada sebanyak 543 orang yang terjangkit virus HIV dan positif mengidap AIDS. Rinciannya, ada sebanyak 283 orang yang tercatat terinfeksi virus HIV dan 260 orang lainnya dinyatakan positif mengidap penyakit AIDS yang mematikan dan belum ditemukan obatnya ini.

“HIV ini adalah penyakit yang disebabkan karena terinfeksi virus HIV melalui penggunaan jarum suntik yang tak steril dan hubungan seks yang beresiko,” Kata Erwan Mujio, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Jambi, yang juga merupakan Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan di Dinas Kesehatan Kota Jambi..

Dijelaskannya, awal mulaya, seseorang akan terinfeksi virus HIV sebelum dinyatakan positif mengidap AIDS. Terinfeksi HIV sehingga dinyatakan positif terjangkit AIDS itu fasenya, kata Erwan, berjalan dalam kurun waktu yang bukan sebentar untuk berkembangnya virus menjadi AIDS. “Jadi HIV itu dari mulai saat terinfeksi hingga menimbulkan gejala AIDS itu membutuhkan waktu yang lama, antara 2 sampai 10 tahun,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan, dalam kasus HIV/AIDS, ada yang namanya fenomena gunung es. “HIV/AIDS ini ada yang namanya fenomena gunung es. Artinya, kalau 1 orang ditemukan dalam stadium AIDS, berarti dibawahnya masih banyak orang yang terinfeksi. Makanya jumlah itu setiap tahun bertambah. Karena, jika ditemukan hari ini 1 orang terinfeksi, maka akan ditemukan lagi tahun depan,” sebutnya.

JAMBI- HIV/AIDS di Kota Jambi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat, sejak 1999 lalu, hingga saat ini, sudah ada sebanyak 543

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News