JPNN.com

Kasus Kematian Buruh Tak Pernah Tuntas

Rabu, 10 Februari 2010 – 19:24 WIB
Kasus Kematian Buruh Tak Pernah Tuntas - JPNN.com
Kasus Kematian Buruh Tak Pernah Tuntas
JAKARTA - Berkembangnya kasus kematian dan kekerasan yang menimpa para buruh atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, oleh Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, dianggap karena tak berhasilnya kinerja pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), maupun Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

"Gimana mau berhasil? Setiap ada kasus kematian buruh, yang dibahas hanya masalah teknis, yakni pemulangan jenazah. Tetapi kasusnya mandeg. Tidak jelas sama sekali," tukasnya kepada JPNN, ketika ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (10/2).

Menurut Anis, penyelesaian kasus kematian buruh harusnya bisa lebih diprioritaskan. Ia pun menerangkan, hingga saat ini bahkan masih ada jenazah buruh di luar negeri yang belum dipulangkan ke Indonesia, selama lebih dari lima bulan. "Kami sudah berulang kali melaporkan masalah ini. Tapi tidak juga ada tanggapan dari pihak Depnaker," keluhnya.

Dikatakan Anis lagi, pemerintah Indonesia seharusnya segera mengambil tindakan cepat, ketika mengetahui ada warganya di luar negeri yang sedang mengalami masalah. Namun yang ada, lanjutnya pula, ketika terjadi suatu kasus kematian atau kekerasan pada TKI, semua pihak mengklaim (hal itu) bukan tanggung jawab mereka.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito