Kasus Setnov, Apa Langkah KPK Selanjutnya?

Kasus Setnov, Apa Langkah KPK Selanjutnya?
Setya Novanto (kanan) bersama Hilman Mattauch. FOTO: HENDRA EKA/dok.JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Setya Novanto hingga kemarin masih dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Hanya, belum diketahui seperti apa kondisi terakhir tersangka dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tersebut. Termasuk, penyakit apa saja yang diderita ketua umum DPP Partai Golkar itu.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan rangkaian tindakan medis sejatinya sudah dilakukan tim penyidik bersama pihak rumah sakit. Mulai dari pemeriksaan umum, magnetic resonance imaging (MRI), hingga tes CT-scan.

”Analisa dan kesimpulan dari pihak dokter akan menjadi pertimbangan bagi KPK menentukan langkah berikutnya,” ujarnya, kemarin.

Namun, Febri belum mau menjelaskan lebih detail soal langkah berikutnya yang bakal diambil KPK bila Setnov dinyatakan sembuh. Begitu pula terkait kesimpulan dan analisa dokter.

”Apakah masih dibutuhkan observasi selama beberapa hari kedepan atau dapat dilakukan pemeriksaan dan penahanan lanjutan, masih akan ditentukan kemudian,” ungkapnya.

Febri menambahkan, keberadaan Setnov kini di bawah pengawasan KPK. Itu seiring langkah penahanan dan pembantaran yang sudah dilakukan lembaga superbodi tersebut pada Jumat (17/11).

Dengan demikian, pihak-pihak yang ingin mengunjungi orang nomor satu di parlemen itu harus mendapatkan izin lebih dulu dari penyidik KPK.

Analisa dan kesimpulan dari pihak dokter yang memeriksa Setya Novanto akan menjadi pertimbangan bagi KPK menentukan langkah berikutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News