Kasus Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan Harus Tuntas

Kasus Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan Harus Tuntas
Sebagian laut di Balikpapan saat ini tercemar tumpahan minyak. Foto: Prokal/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu meminta penyidik Polda Kalimantan Timur terus mendalami insiden tumpahan minyak di Teluk Balikpapan. 

Pengusutan kasus itu tidak boleh berhenti hanya pada satu tersangka yakni nakhoda kapal MV Ever Judger berinisial ZD (50).

MV Ever Judger sendiri merupakan kapal berbendera Panama yang mengangkut batu bara. Sementara itu, ZD merupakan warga Tiongkok yang berperan menurunkan jangkar kapal tepat di bagian kiri dan menyebabkan patahnya pipa penyalur minyak  mentah dari Terminal Lawe-lawe ke Kilang Balikpapan.

Gus menyebutkan bahwa kawasan itu merupakan objek vital, sehingga tidak dibenarkan kapal berlabuh di perairan itu.  Karena itu perlu penyelidikannya harus diperluas. 

Apalagi dalam rapat di Komisi VII yang dihadiri pihak Polda Kaltim, Bareskrim Polri hingga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sudah ada kesimpulan untuk mengusut secara tuntas baik pidana maupun perdatanya.

"Ada spesifik juga kami minta untuk diusut siapa itu pemilik kapal. Lalu siapa yang memberikan otoritas untuk kemudian kapal itu lepas jangkar di situ. Jadi tidak berhenti di situ. Menteri LHK pun kami minta untuk menghitung biaya guna merehabilitasi lingkungan yang rusak," kata Gus kepada jpnn.com, Minggu (6/5).

Khusus kepolisian, politikus Gerindra ini mendesak untuk mengusut siapa pihak-pihak yang bertanggung jawab. Sebab, tidak mungkin orang yang telah ditetapkan tersangka berinisiatif sendiri melemparkan jangkar kapal di lokasi tersebut tanga perintah atasannya.

Lagi pula dia melihat insiden tersebut tidak sesederhana yang terlihat. Apalagi peta lokasi pipa Pertamina yang berada di bawah luat itu telah didaftarkan sehingga setiap kapal besar yang memiliki alat pendeteksi dasar laut bisa mendeteksi keberadaan pipa tersebut.

Polda Kalimantan Timur diminta terus mendalami insiden tumpahan minyak di Teluk Balikpapan hingga ke akarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News