Kata Pelatih Timnas U-19 Taiwan tentang Sepak Bola Indonesia

Kata Pelatih Timnas U-19 Taiwan tentang Sepak Bola Indonesia
Para pemain Timnas U-19 Taiwan menjalani latihan di Lapangan ABC Komplek GBK, Rabu (17/10/18). Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan, sebagai laga perdana Piala AFC U-19 2018, akan berlangsung malam nanti.

Pelatih Timnas Taiwan U-19 Wang Jiazhong merasa lawan yang akan dihadapi ini tidak asing baginya. Dia sudah dekat dengan Merah Putih sejak kecil. Maklum, dia merupakan anak dari ayah yang berasal dari Tiongkok dan ibu asli Timor Leste, pecahan dari Indonesia.

Karena itu, kultur dan suasana ketika datang ke Jakarta sejak 14 Oktober kemarin sudah dikenalnya sejak lama. Dia pun sering pergi ke Bali untuk berlibur. Sesekali juga ke Timor Leste mengunjungi kampung halaman ibunya. ’’Ya jadi saya tidak kaget dengan cuaca panas di Jakarta,’’ tuturnya.

Ya, Wang memang tidak tampak seperti masyarakat Taiwan pada umumnya. Dia lebih mirip orang Indonesia dengan kulit sawo matangnya. Bahkan, cara dia bertutur baik dengan bahasa mandarin ataupun Inggris juga tidak secepat pemain atau staf lainnya di timnas Taiwan.

Di rumahnya di Taiwan sendiri Wang punya banyak kenalan orang Indonesia. Tetangga dekatnya juga merupakan orang Indonesia. Karena itu, dia mengaku banyak tahu bahwa masyarakat Indonesia sangat gila bola.

’’Mereka (tetangganya) selalu berteriak ketika menonton pertandingan Indonesia, bernyanyi-nyanyi seperti di stadion,’’ ucapnya. Alasan itulah yang membuatnya yakin nanti malam atmosfir di Stadion Utama Gelora Bung Karno akan ramai. Atmosfir yang pastinya bakal selalu diingatnya.

’’Saya berharap banyak suporter yang datang. Biar anak-anak punya pengalaman ditonton puluhan ribu orang. Di Taiwan, sepak bola tidak setenar di Indonesia,’’ lanjutnya.

Di luar informasi dari tetangganya itu, Wang mengaku tahu sepak bola Indonesia dari internet. Bahkan, baginya sangat mudah menemukan apapun terkait sepak bola di nusantara. Baik terkait klub-klubnya ataupun timnasnya.

Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan, ajang Piala AFC U-19 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, malam nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News