Kaukus Papua di Parlemen Tolak MRP Papua Barat

Kaukus Papua di Parlemen Tolak MRP Papua Barat
Kaukus Papua di Parlemen Tolak MRP Papua Barat
JAKARTA - Kaukus Papua di DPD dan DPR RI RI menolak pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP) di Provinsi Papua Barat. Alasannya, pembentukan MRP di Papua Barat justru bakal memecah keutuhan Papua.

Hal tersebut disampaikan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Provinsi Papua Barat Sofia Maipauw, dalam jumpa pers yang digelar di Press Room DPD RI Senayan, Jakarta (17/6). "Kami kumpul untuk mendiskusikan Majelis Rakyat Papua yang tidak ada dasar hukum yang kuat untuk memecah pelantikannya di Papua Barat,” kata Sofia yang didampingi Koordinator Kaukus Papua di DPR Paskalis Kossay.

Sedangkan Paskalis Kossay memandang bahwa dengan disetujuinya pembentukan MRP Papua Barat berarti pemerintah tidak konsisten dalam membangun Papua. Sebab, MRP sudah terbentuk dengan SK Mendagri. Namun menurutnya, MRP Papua Barat itu sama saja dengan MRP tandingan yang ditentang oleh masyarakat Papua. “Hanya ada satu MRP di Papua di tanah Papua dan MRP yang dibentuk di Papua Barat berstatus ilegal serta harus dibubarkan,” tegas Paskalis

Sedangkan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR-PB), Jimmy Demianus Idji, mengatakan bahwa DPR Papua Barat juga menganggap hanya ada satu MRP di seluruh tanah Papua. Karenanya, MRP-PB yang dibentuk tersebut tidak berlandaskan hukum yang kuat.

JAKARTA - Kaukus Papua di DPD dan DPR RI RI menolak pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP) di Provinsi Papua Barat. Alasannya, pembentukan MRP di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News