KCJ Siapkan Layanan Baru bagi Penyandang Disabilitas

KCJ Siapkan Layanan Baru bagi Penyandang Disabilitas
KRL Jabodetabek. Foto: dok jpnn

jpnn.com - jpnn.com - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) terus berbenah demi meningkatkan pelayanan. Kali ini operator commuter line itu menyasar para penyandang disabilitas.

Menurut Humas PT KJC Eva Chairunisa mengatakan pihaknya akan menyediakan alat portable ramp untuk pengguna KRL dari kalangan penyandang disabilitas. Alat ini berupa papan alumunium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan dan akan digunakan membantu pengguna kursi roda saat naik ataupun turun KRL. 

"Saat ini prototipe portable ramp KRL telah diuji coba. Selanjutnya, dari hasil uji coba kini portable ramp tengah dalam proses produksi," ujar Eva dalam keterangan, Jumat (3/3).

Menurut Eva, PT KCJ telah menargetkan portable ramp ini bisa tersedia di 74 stasiun KRL Jabodetabek pada Mei mendatang.”Pengguna KRL dengan disabilitas yang memerlukan fasilitas portable ramp ini akan dibantu oleh passenger service di stasiun," katanya.

Lebih lanjut Eva mengatakan, penyandang disabilitas akan dilayani passenger service di stasiun awal. Selanjutnya petugas di stasiun awal akan menghubungi passenger service di stasiun tujuan untuk menginformasikan nomor kereta dan nomor rangkaian KRL yang digunakan pengguna disabilitas. "Agar dapat segera dilayani saat kereta tiba di stasiun tujuan," ungkapnya.

Menurut Eva, hal itu merupakan bentuk komitmen PT KCJ untuk terus memperbaiki aksesibilitas KRL Jabodetabek. Sebelumnya PT KCJ telah memasang ubin disabilitas di 35 stasiun KRL Jabodetebek.

Nantinya setiap stasiun KRL akan dipasangi ubin bagi penyandang disabilitas. Tujuannya adalah demi memudahkan pengguna disabilitas pengguna KRL.(cr2/JPG)


PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) terus berbenah demi meningkatkan pelayanan. Kali ini operator commuter line itu menyasar para penyandang disabilitas.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News