KedaiKOPI: PKS dan Anies Tampak Saling Membutuhkan

KedaiKOPI: PKS dan Anies Tampak Saling Membutuhkan
Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKopi, Kunto Adi Wibowo (kiri) menilai PKS dan Anies saling membutuhkan. Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KedaiKOPI menyebutkan mayoritas pemilih Anies atau sebanyak 18,4 persen adalah pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Hal itu terlihat dari Survei Opini Publik Menuju 2024 diselenggarakan oleh Lembaga Survei KedaiKOPI pada 22 November-2 Desember 2022.

"PKS dan Anies tampak saling membutuhkan," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo Ph.D dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (26/1).

Dengan demikian, kata dia, jika Anies tidak didukung PKS, maka potensi suara Anies akan hilang sebesar 18,4 persen. 

Sebaliknya, PKS berpotensi kehilangan suara jika tidak mendukung Anies Baswedan.

Pasalnya, terdapat 34,2 persen para pemilih PKS menyatakan tidak akan memilih partai bulan sabit kembar itu, jika tidak mengusung Anies Baswedan. 

Menurut Kunto Adi, ada asosiasi kuat antara partai dan capres. Partai Gerindra dengan Prabowo Subianto, sedangkan PKS dengan Anies Baswedan.

Hasil tersebut juga terlihat dari distribusi elektabilitas partai-partai berdasarkan elektabilitas empat calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

KedaiKOPI menyebutkan mayoritas pemilih Anies atau sebanyak 18,4 persen adalah pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News