Kehadiran Hasto Bukti PDIP Sangat Menghormati KPK

Kehadiran Hasto Bukti PDIP Sangat Menghormati KPK
Indrianto Seno Adji saat meghadiri acara pelantikan dirinya sebagai Plt Pimpinan KPK di Istana Negara, Jumat (20/2). Foto: Ricardo/JPNN.com Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum pidana Indriyanto Seno Adji menilai, kehadiran Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di gedung KPK memberikan contoh yang baik. Meski merupakan orang nomor dua di partai berkuasa, Hasto tetap menjadi warga negara yang baik dan taat hukum.

"Kehadiran dan kedatangan Sekjen PDIP adalah bentuk penghormatan dan penghargaan PDIP kepada kelembagaan KPK sebagai institusi penegak hukum. Kehadiran ini contoh yang baik warga negara dan taat hukum," kata Seno, kepada wartawan, Jumat (24/1).

Seperti diketahui, Hasto diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap untuk komisioner KPU Wahyu Setiawan. Padahal, sebelumnya beredar rumor bahwa Hasto menghindari KPK karena terlibat dalam kasus tersebut.

Menurut Indriyanto, proses pemeriksaan saksi merupakan sesuatu yang wajar. Kehadiran Hasto merupakan bagian prinsip menghargai penegakan hukum yang sedang dijalankan KPK.

"Kedatangan untuk pemeriksaannya, patut diapresiasi mengingat yang bersangkutan ini adalah figur publik yang jadi representasi parpol," tegas mantan komisioner KPK itu.

Diketahui, Hasto datang memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik KPK pagi hari tadi. Dalam kesempatan itu, ia menyatakan siap memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga negara untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi dalam kasus suap dengan tersangka komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Hari ini saya memenuhi tanggung jawab warga negara dalam menjaga marwah KPK, memenuhi undangan untuk hadir sebagai saksi," kata Hasto, di Gedung KPK, Jumat (24/1). (dil/jpnn)

Pakar hukum pidana Indriyanto Seno Adji menilai, kehadiran Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di gedung KPK memberikan contoh yang baik.


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News