Kejaksaan Kembangkan Kasus Korupsi Bule Italia

Jadi Konsultan Proyek PU, Diduga Rugikan Negara Rp 6,5 Miliar

Kejaksaan Kembangkan Kasus Korupsi Bule Italia
Kejaksaan Kembangkan Kasus Korupsi Bule Italia
JAKARTA - warga Negara (WN) Italia, Giovani Gandolfi, Kamis (7/4) petang lalu ditangkap penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) karena terlibat dalam kasus korupsi proyek di Kementrian Pekerjaan umum. Untuk itu, Kejagung terus mengembangkan penyidikan termasuk untuk menjerat pejabat Kementrian PU yang diduga terlibat.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Noor Rachmad, menyebutkan, pemeriksaan atas pejabat PU diperlukan karena proyek PU di 14 provinsi menggunakan jasa konsultasi dari perusahaan C Lotti and Associate milik Giovani. Dari 14 proyek tersebut, pelaksanaan proyek di 3 provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur diindikasikan bermasalah dan menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 6,5 miliar.

"Kita sedang mengarah apakah saat melakukan perbuatannya bekerja sendiri atau bersama orang lain," kata Noor di kantornya, Jumat (8/4). Dengan kata lain, lanjut Noor, sangat mungkin ada tersangka baru dari Kementerian PU atau rekanan proyek.

Sementara pemeriksaan Giovani yang digelar di gedung bundar Pidana Khusus Kejagung sejak Kamis malam lalu baru dihentikan pada Jumat (8/4) petang. Giovani akhirnya menolak diperiksa karena tak didampingi penterjemah.

JAKARTA - warga Negara (WN) Italia, Giovani Gandolfi, Kamis (7/4) petang lalu ditangkap penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) karena terlibat dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News