Kekuatan Militer Indonesia Menuju 10 Besar Dunia, Ini Datanya

Kekuatan Militer Indonesia Menuju 10 Besar Dunia, Ini Datanya
Sejumlah tank dan kendaraan tempur TNI AD berparade pada puncak perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com - Kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang peningkatan alat utama sistem persenjataan atau alutsista telah mengerek kekuatan militer Indonesia di kancah dunia.

Kini, kekuatan militer Merah Putih menuju 10 besar dunia.

Data GlobalFirePower (GFP) 2023 menunjukkan kekuatan militer Indonesia berada pada peringkat ke-13. Posisi itu meningkat dari data GDP 2022 yang menempatkan Indonesia di peringkat ke-15.

Untuk peringkat lima besar dunia masih ditempati negara yang jorjoran soal belanja militer, yakni Amerika Serikat (AS), Rusia, Tiongkok, India, dan Inggris. Peringkat itu didasarkan pada strength power index.

Skor strength power index disusun dengan memperhitungkan kekuatan militer, dukungan keuangan untuk belanja alutsista, kemampuan logistik, dan geografi. Skor yang mendekati 0,00 dianggap kian sempurna.

AS menghuni peringkat pertama dengan military strength power index di angka 0,0712.

Rusia sebagai negara yang mewarisi kekuatan militer bekas Uni Soviet memiliki military strength power index di angka 0,0714.

Selanjutnya ialah Tiongkok dengan indeks kekuatan militer di level 0,0722. Dua negara lainnya ialah India (0,1025) dan Inggris (0,1435).

Indonesia yang memiliki alutsista bejibun adalah negara dengan militer paling kuat di Asia Tenggara. Namun, soal anggaran pertahanan masih di bawah Singapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News