JPNN.com

Kelompok Tani di Yapen Panen Sayuran Saat Pandemi Covid-19

Sabtu, 30 Mei 2020 – 14:53 WIB
Kelompok Tani di Yapen Panen Sayuran Saat Pandemi Covid-19 - JPNN.com
Foto: kiriman dari BPPSDMP

jpnn.com, YAPEN - Kelompok tani (Poktan) Anggrek yang berada di Kampung Ketuapi Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, makin mantap menjalankan usaha taninya.

Poktan Anggrek mampu menghadirkan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen untuk melakukan panen sayuran di mana pandemi Covid-19, Jumat (29/5).

Keberhasilan Poktan Anggrek mendapatkan apresiasi dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menurutnya, panen yang dilakukan sangat penting dalam situasi seperti ini.

“Namun, kami bisa terlena lama-lama dengan panen, jangan lengah. Setelah panen lahan harus diolah lagi dan petani serta penyuluh harus tanam lagi. Karena inilah cara untuk memperkuat ketahanan pangan nasional,” papar Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, mengingatkan kepada petani dan penyuluh untuk memaksimalkan pangan lokal.

“Kami sudah tidak bisa mengandalkan impor. Mau tidak mau kita harus berdiri dengan kemampuan kita sendiri, dengan pangan hasil lahan sendiri, pangan hasil keringat petani kita sendiri. Kita harus memanfaatkan pangan lokal yang melimpah, stop konsumsi pangan impor,” kata Dedi.

Poktan Anggrek terbentuk tahun 2014. Awalnya, Poktan Anggrek mendapatkan Dana Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahun 2017.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek