Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan pada 10 Maret 2024

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan pada 10 Maret 2024
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. ANTARA/Asep Firmansyah/am.

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi pada Minggu 10 Maret 2024. Sidang isbat itu akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta.

"Sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Kemenag) Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin.

Kamaruddin mengatakan kegiatan ini akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring.

Sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menambahkan bahwa pihaknya juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang isbat.

Adib menjelaskan sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap.

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

Kemenag akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi pada Minggu 10 Maret 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News