Kemenag Janji Siapkan Suguhan Menu Kedaerahan untuk Jemaah Haji 2021

Kemenag Janji Siapkan Suguhan Menu Kedaerahan untuk Jemaah Haji 2021
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi belum memastikan apakah akan ada penyelenggaraan ibadah haji tahun depan. Namun, Kementrian Agama (Kemenag) mulai melakukan persiapan penyelenggaraan haji 1442H/2021M.

Sejumlah inovasi dirancang, salah satunya penyiapan menu kedaerahan.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar mengungkapkan, suguhan menu nusantara sukses dilakukan pada pelaksanaan haji 2019. Menu nusantara membuat jemaah senang karena bisa menikmati makanan khas Indonesia.

"Pengalaman tahun lalu, suguhan menu nusantara sangat diminati jemaah. Kini Kemenag akan menyiapkan suguhan menu kedaerahan untuk jemaah haji 2021," terang Dirjen Nizar, Senin (5/10).

Selain menu nusantara, lanjutnya, akan ada tambahan konsumsi 10 kali, sehingga jemaah mendapat 50 kali konsumsi selama 25 hari berada di Makkah.

Untuk penyiapan menu kedaerahan menurut Nizar sangat bergantung pada ketersediaan bahan baku. Pihaknya membuka peluang kerja sama dengan sejumlah pemasok. Inovasi ini cukup penting mengingat jemaah haji rentan enggan makan.

“Mungkin karena cita rasanya agak berbeda sehingga jemaah enggan makan, padahal asupan gizi sangat penting pada saat fase sebelum dan sesudah Armuzna,” ungkap Nizar.

BACA JUGA: Oknum PNS Kemenag Pakai Sabu-sabu, Katanya Biar Lebih Pede Menasihati Calon Pengantin

Meski belum ada pengumuman resmi dari Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun depan, Kemenag sudah melakukan berbagai persiapan haji 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News