Kemenag: Pendaftaran Haji Distop, Masyarakat Resah

Kemenag: Pendaftaran Haji Distop, Masyarakat Resah
Kemenag: Pendaftaran Haji Distop, Masyarakat Resah
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Bahrul Hayat mengungkapkan, pemerintah tidak akan melakukan moratorium pendaftaraan jamaah haji. Pasalnya, jika moratorium itu diberlakukan,  maka justeru tidak memberikan keadilan dan kepastian kepada masyarakat yang berniat melaksanakan ibadah haji.

"Kami melihat sisi keadilan di masyarakat. Maka  pemerintah atau Kemenag menetapkan kebijakan untuk dibuka saja pendaftarannya supaya masyarakat secara adil dapat mengetahui kapan bisa diberangkatkan. Ini semata-mata  agar jamaah haji dapat mengetahui waktu keberangkatan mereka, karena kita semua tahu kuotanya terbatas," ungkap Bahrul di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu (22/2).

Bahrul menjelaskan, jika pemerintah memberlakukan moratorium dikhawatirkan akan membuat resah masyarakat atau calon jamaah haji. "Pertanyaannya apakah masyarakat lebih baik tidak diberikan kepastian. Apakah masyarakat tidak akan heboh kalau merasa punya niat dari sekarang tapi tidak boleh berangkat. Ini yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk tetap membuka pendaftaran haji," jelasnya.

Dikatakan, pemerintah juga memiliki kebijakan prioritas,  yaitu kuota tetap sebanyak 200 ribuan itu digunakan sesuai dengan urutan. Tetapi,  apabila ada kuota tambahan yang bersifat khusus, maka pemerintah bisa mendahulukan prioritas dari urutan usia yang tertua.

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Bahrul Hayat mengungkapkan, pemerintah tidak akan melakukan moratorium pendaftaraan jamaah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News