Kemenangan Belanda 5-1 atas Spanyol Dalam Angka

Kemenangan Belanda 5-1 atas Spanyol Dalam Angka
Arjen Bobben (kiri) bersama dengan Robin van Persie. Getty Images

jpnn.com - SALVADOR - Banyak catatan penting yang lahir ketika Belanda menekuk Spanyol dengan skor 5-1 pada laga perdana Grup B Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/6) dini hari WIB.

Bagi Robin Van Persie, tambahan dua gol di laga itu membuatnya kini sudah mengoleksi sepuluh gol dalam sembilan laga bersama Belanda. Sementara, Arjen Robben kini membukukan tujuh gol dalam tujuh pertandingan terakhir.

Daley Blind juga menorehkan rekor hebat sebagai pemain Belanda pertama yang membukukan dua assist dalam satu laga Piala Dunia. Pemain terakhir yang melakukannya ialah Wim Jonk saat Belanda berusa Korsel di, 20 Juni 1998 silam.

Berkat performa impresif ketiga pemain itu, Belanda juga mencatatkan rekor hebat. Skuat racikan Louis Van Gaal itu mampu memetik empat kemenangan di Piala Dunia setelah tertinggal terlebih dahulu lewat titik putih.

Belanda juga menyamai rekor lima gol mereka pada pesta sepakbola empat tahunan itu. Sebelumnya, Belanda juga mampu menjaringkan lima gol dalam satu laga ketika menekuk Austria dengan skor 5-1 pada Piala Dunia 1978 dan ke gawang Korsel di pada edisi 1998 silam.

Di sisi lain, hasil negatif itu membuat Spanyol menorehkan beberapa rekor buruk. Spanyol kini sudah kebobolan tiga gol lebih banyak dibandingkan catatan mereka pada Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 silam. Saat itu, Spanyol masing-masing hanya kebobolan tiga gol sepanjang turnamen.

Spanyol akhirnya juga merasakan kebobolan tiga gol untuk kali pertama dalam delapan tahun. Kali terakhir Spanyol kemasukan tiga gol ialah ketika ditekuk Prancis dengan skor 1-3 pada Piala Dunia 2006 silam.

Sementara itu, Xabi Alonso menjadi pemain Spanyol pertama yang mencetak penalti dalam delapan tahun terakhir. Pemain terakhir yang melakukannya ialah David Villa ketika Spanyol dikandaskan Prancis dengan skor 1-3 di Piala Dunia 2006. (jos/jpnn)


SALVADOR - Banyak catatan penting yang lahir ketika Belanda menekuk Spanyol dengan skor 5-1 pada laga perdana Grup B Piala Dunia 2014 di Arena Fonte


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News