Kemendag Cetak UKM Eksportir, Damar Batu dan Lidi Sawit Tembus Pasar Asia Selatan

Kemendag Cetak UKM Eksportir, Damar Batu dan Lidi Sawit Tembus Pasar Asia Selatan
Ekspor damar batu dan lidi sawit produksi dua pelaku UKM, yaitu CV Miracle Agro Spices dan CV Masagenah Group, ke pasar Asia Selatan. Foto: Dok. CV Miracle Agro Spices

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi melepas secara virtual ekspor damar batu dan lidi sawit produksi dua pelaku usaha kecil menengah (UKM), yaitu CV Miracle Agro Spices dan CV Masagenah Group, ke pasar Asia Selatan.

Pelepasan ekspor kedua komoditas tersebut dilangsungkan di Sidoarjo, Jawa Timur.

Kedua pelaku UKM eksportir merupakan peserta program pendampingan ekspor Kemendag, yaitu Export Coaching Program (ECP).

Didi mengatakan komoditas-komoditas ini diekspor ke India dan Pakistan yang merupakan negara tujuan ekspor nontradisional di kawasan Asia Selatan.

“Jumlah UKM peserta program pendampingan ekspor Kemendag atau Export Coaching Program yang berhasil ekspor kian bertambah. Pelaku usaha yang menjadi peserta pendampingan mampu merambah beberapa pasar ekspor nontradisonal dengan produk yang beraneka ragam,” kata Didi yang bergabung secara daring dari Jakarta dalam pelepasan ekspor tersebut.

Komoditas damar batu diekspor oleh CV Miracle Agro Spices asal Sidoarjo, Jawa Timur.

Damar batu produksi UKM ini berhasil diekspor ke India dengan nilai USD 56,7 ribu dan volume 20 kontainer 20 feet.

Jika memperhitungkan pengiriman sampai dengan November 2021 mendatang, maka total transaksi ekspor yang akan didapatkan CV Miracle Agro Spices akan mencapai USD 113,5 ribu.

Kemendag melepas ekspor damar batu dan lidi sawit produksi dua pelaku UKM ke pasar Asia Selatan, yakni India dan Pakistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News