JPNN.com

Kemendag Segera Renovasi 11 Pasar yang Terdampak Gempa di Sulbar

Sabtu, 27 Februari 2021 – 19:48 WIB
Kemendag Segera Renovasi 11 Pasar yang Terdampak Gempa di Sulbar - JPNN.com
Irjen Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko menyatakan Kemendag segera merenovasi pasar di Sulbar yang rusak karena gempa. Foto: Antara

jpnn.com, MAMUJU - Kementerian Perdagangan segera merenovasi 11 pasar rusak yang terdampak gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat.

Irjen Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko mengatakan, selain menyerahkan bantuan Peduli Kemendag, pihaknya juga memastikan pengaruh gempa pada sarana dan prasarana perdagangan.

"Kami menyerahkan 1.000 paket bahan kebutuhan pokok dan memastikan pengaruh gempa bumi yang terjadi di Sulbar, agar bisa segera kita atasi. Tentunya, kalau kami terkait masalah sarana dan prasarana perdagangan," kata Didid di Mamuju, Sabtu (27/2).

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Barat Amir Maricar, jumlah pasar yang terdampak gempa bumi di Sulbar sebanyak 11 pasar, lima pasar di antaranya berada di Kabupaten Majene dan enam di Kabupaten Mamuju.

"Jadi, dari laporan Kadis Perindagkop dan UKM Sulbar, ada 11 pasar yang terdampak. kami akan upayakan segera melakukan perbaikan. Jika memungkinkan pada 2021 akan diperbaiki ke-11 pasar itu, tetapi jika tidak mungkin karena keterbatasan anggaran maka akan dimasukkan ke tahun 2022," terang Didid.

Menurut dia, Kemendag ingin memastikan pemulihan ekonomi bisa berjalan pasca-gempa bermagnitudo 6,2 itu.

"Karena kami tahu kalau tidak ada pasar, ekonomi akan sulit," urai Didid.

Kemendag, lanjut dia, juga akan terus berkoordinasi dengan pihak Disperindagkop dan UKM Provinsi Sulbar dan Disperindag Kabupaten Mamuju dan Majene untuk memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok pasc-agempa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...