Kemendikbud Ajukan Kota Tua Jadi Warisan Budaya Dunia

Kemendikbud Ajukan Kota Tua Jadi Warisan Budaya Dunia
Kota Tua. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kawasan Kota Tua Jakarta diajukan ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan mengatakan, pengajuan Kawasan Kota Tua ke UNESCO sudah dilakukan melalui jalur voluntary atau penyerahan dosir (berkas dan dokumen) secara sukarela pada 29 September 2015. Sedangkan pengajuan secara resmi akan dilakukan pada Februari 2016.

“Kami memang menggunakan kesempatanvoluntary ini supaya dapat masukan. Kira-kira mana yang kurang, mana yang lemah, supaya pas pengajuan resmi bisa kita berikan secara lengkap,” ujar Kacung, Rabu (21/10).

Saat ini, lanjut Kacung, budaya Indonesia yang sudah mendekati proses akhir sebagai warisan budaya dunia adalah tari tradisional Bali.  Pada November 2015, UNESCO akan mengadakan sidang di Namibia untuk menentukan apakah tari tradisional Bali layak ditetapkan sebagai sebagai warisan budaya takbenda dunia. “(Prosesnya) sudah lama, sekitar lima tahun. Dokumen lengkapnya tahun lalu sudah kami kirimkan, sedangkan revisinya pada awal tahun ini,” tuturnya.

Yang menarik lagi, ada satu warisan budaya nasional yang ditunda evaluasinya oleh UNESCO, yaitu Kapal Phinisi dari Sulawesi. Kelengkapan dokumen Kapal Phinisi sudah diberikan Indonesia pada awal tahun 2015.

Namun, UNESCO meminta kesediaan Indonesia untuk menunda proses evaluasinya karena masih banyak negara lain yang belum memiliki warisan budaya dunia.

“Jadi Indonesia diminta merelakan (Kapal Phinisi) untuk tidak dievaluasi tahun depan, dan akan dievaluasi pada 2017. Ada keterbatasan tenaga dan dana dari UNESCO untuk mengevaluasi. Juga karena ada negara-negara lain yang belum dapat,” pungkasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kawasan Kota Tua Jakarta diajukan ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan mengatakan, pengajuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News