Kemendikbud-Satgas COVID-19 Gandeng Mahasiswa jadi Agen Perubahan Perilaku

Kemendikbud-Satgas COVID-19 Gandeng Mahasiswa jadi Agen Perubahan Perilaku
Kemendikbud dan Satgas COVID-19 mengungkapkan para duta mahasiswa perubahan perilaku. foto Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) terus berkomitmen untuk mendukung Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Salah satunya dengan menyelenggarakan program Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku.

Keberadaan para duta ini untuk mengubah perilaku masyarakat agar patuh protokol kesehatan COVID-19 terutama melaksanakan 3M (memakai masker, Menjaga jarak menghindari kerumunan, dan Mencuci tangan pakai sabun) secara konsisten. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan target dari Duta Mahasiswa ini adalah mengubah pandangan masyarakat yang masih memiliki persepsi tidak mungkin terpapar atau terinfeksi COVID-19. 

“Ini adalah misi kemanusiaan dalam rangka menyelamatkan jiwa manusia. Tugas kita harus memberikan penjelasan bahwa COVID-19 ini nyata, bukan rekayasa, bukan konspirasi. Korban jiwa sudah mencapai satu juta orang dan yang terpapar lebih dari 32 juta orang,” ujar Doni Monardo saat pengumuman Duta Mahasiswa Perubahan Perilaku secara daring, Selasa (13/10).

Senada itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menyampaikan sejak awal pandemi COVID-19, Kemendikbud bersama seluruh organisasi mahasiswa bidang kesehatan telah berhasil menjaring lebih dari 15 ribu relawan untuk membantu pencegahan penyebaran COVID-19.

Semua relawan ini, mendapatkan capacity building melalui webinar dari WHO, Kementerian Kesehatan dan Perhimpunan Dokter Spesialis. 

“Saat ini, mahasiswa akan diterjunkan kembali untuk membantu Satgas Penanganan COVID-19 sebagai duta perubahan perilaku masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan 3M untuk mencegah penularan COVID-19,” ucap Nizam.

Kemendikbud dan satgas COVID-19 mengumumkan para duta mahasiswa perubahan perilaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News