Kemenhub Bersiap Antisipasi Titik Rawan Kemacetan di Jatim Saat Mudik Lebaran

Kemenhub Bersiap Antisipasi Titik Rawan Kemacetan di Jatim Saat Mudik Lebaran
Kemenhub melibatkan sejumlah instansi melaksanakan pengecekan tol sebagai persiapan menghadapi mudik Lebaran 2023. Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi titik-titik rawan kemacetan di Jawa Timur saat arus mudik Lebaran 2023.

Salah satu langkah yang dilakukan Ditjen Hubdat Kemenhub adalah meningkatkan kolaborasi antarinstansi yang berperan penting pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan perlunya semua stakeholders mewaspadai titik-titik yang rawan akan kepadatan lalu lintas di wilayah Jatim sebagai tujuan akhir dari mayoritas pemudik di Pulau Jawa.

"Mengingat Lebaran tahun ini kemungkinan besar akan berpotensi lebih ramai, perlu perhatian khusus untuk menangani lokasi yang rawan kemacetan agar masyarakat merasa nyaman ketika pulang ke kampung halaman," kata Dirjen Hendro.

Dirlantas Polda Jatim Kombes M Taslim Chairuddin menyebutkan terdapat empat titik yang menjadi fokus utama.

Pertama adalah wilayah Mengkreng, karena merupakan pertemuan arus yang berasal dari Jombang, Kediri dan Nganjuk.

"Permasalahan di Mengkreng disebabkan oleh pertemuan tiga arus, adanya bottle neck yang ke arah Nganjuk serta banyaknya toko oleh-oleh," kata Kombes Taslim.

Lebih lanjut Kombes Taslim menyampaikan untuk titik berikutnya adalah pintu keluar tol Sidoarjo dan exit tol Singosari dikarenakan adanya antrean pembayaran tol.

Kemenhub melalui Ditjen Hubdat melakukan sejumlah langkah mengantisipasi titik-titik rawan kemacetan di Jawa Timur saat arus mudik Lebaran 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News