Kemenkominfo Dorong 4 Aspek Wujudkan Transformasi Digital

Kemenkominfo Dorong 4 Aspek Wujudkan Transformasi Digital
Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan SDM Dedy Permadi. ANTARA/HO-Kemenkominfo/am.

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi mengatakan pemerintah mendukung pengembangan komunitas digital di kawasan Asia Tenggara.

Hal itu dilakukan dengan menerapkan empat aspek percepatan transformasi digital.

"Mulai dari perencanaan strategis, konektivitas, pemanfaatan data, hingga kerja sama luar negeri,” kata Dedy, Sabtu (4/6).

Mengenai aspek perencanaan strategis, Dedi mengatakan Kemenkominfo telah menyusun peta jalan Indonesia digital 2021-2024.

"Peta jalan ini menjadi panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat, dan merata," tambah dia.

Kemudian, pemerintah juga mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata untuk menutup kesenjangan digital dan meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah.

Pemanfaatan data, lanjut Dedy, harus selalu memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data.

Mengenai aspek kerja sama luar negeri, Dedy mengatakan posisi Indonesia dalam isu transformasi digital di kawasan konsisten dengan posisi Presidensi G20.

Stafsus Menkominfo Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi mengatakan pemerintah mendukung pengembangan komunitas digital di kawasan Asia Tenggara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News