KemenPAN-RB Gelar Acara di Balai Kartini, Ini Penjelasan Anak Buah Yuddy

KemenPAN-RB Gelar Acara di Balai Kartini, Ini Penjelasan Anak Buah Yuddy
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Pelaksanaan kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja 505 pemerintah kabupaten/kota se Indonesia di Balai Kartini oleh KemenPAN-RB pada Senin (8/12) mendapat sorotan masyarakat di sosial media.

Pasalnya, MenPAN-RB Yuddy Crisnandi melalui Surat Edaran tentang optimalisasi penggunaan ruangan kantor pemerintah dalam kegiatan-kegiatannya, sudah melarang kegiatan instansi digelar di hotel.

Menanggapi hal tersebut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan bahwa  kegiatan tersebut tidak dilaksanakan di kantor karena tidak ada satu pun ruangan instansi yang dapat menampung peserta yang mencapai 1.500 orang. Selain bupati/walikota, hadir juga para Kepala SKPD dan staf kabupaten/kota.

Dijelaskan Herman, sesuai SE MenPAN-RB No. 11/2014, dalam melaksanakan pertemuan/rapat, instansi agar menggunakan fasilitas sendiri atau milik instansi lain, kecuali jumlah peserta rapat tidak bisa ditampung oleh fasilitas instansi atau instansi lainnya.

"Yang hadir pada acara kemarin mencapai 1.500 orang. Karena tidak ada fasilitas instansi yang dapat menampung, maka kami laksanakan di Balai Kartini," ujarnya.

Herman menegaskan juga, Balai Kartini merupakan milik Yayasan Kartika Eka Paksi TNI AD. Pendapatannya dikontribusikan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit. Di sisi lain, bagi instansi pemerintah yang menggunakan Balai Kartini mendapatkan discount khusus. Karena itu harganya sangat kompetitif, di bawah Standar Belanja Masukan (SBM) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Herman menambahkan, kehadiran para bupati dan walikota se Indonesia yang juga menyertakan para Kepala SKPD itu merupakan kesempatan kepada MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi mengupas tentang progress peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah serta pentingnya aparatur negara menjadi guru dan teladan bagi masyarakat.

 "Jadi momentum acara kemarin juga dimanfaatkan untuk sosialisasi revolusi mental kepada ratusan Kepala Daerah yang hadir beserta jajaran SKPD terkaitnya," tandasnya. (esy/jpnn)

JAKARTA--Pelaksanaan kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja 505 pemerintah kabupaten/kota se Indonesia di Balai Kartini oleh KemenPAN-RB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News