Kemenperin Bangun Pabrik Es dan Industri Garam di Kupang

Kemenperin Bangun Pabrik Es dan Industri Garam di Kupang
Menperin Saleh Husin. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - ‎JAKARTA – Setelah membangun 12 pabrik es di beberapa daerah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan membangun sarana yang sama di Kupang, Nusa Tenggara Timur.‎ Dua diantaranya adalah pabrik es dan industri garam yang menyokong pengawetan hasil laut nelayan.

Menperin Saleh Husin mengungkapkan, pembangunan pabrik es diintegrasikan dengan lokasi aktivitas nelayan seperti berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pengelola bisa dilakukan oleh koperasi, TPI atau kelompok usaha bersama (KUB) setempat.

Sejak 2007 hingga 2015, Kemenperin telah memberikan bantuan mesin peralatan es balok berkapasitas 10 ton per hari. Lokasinya tersebar di 12 daerah yaitu di Pasaman Barat, Pariaman (Sumbar), Sampang, Pamekasan (Madura), Kota Bengkulu, Lampung Selatan, Tuban, Lamongan, Minahasa Selatan, Ambon, Baubau (Sultra), dan Donggala (Sulteng).

“Pasokan es balok ini berdampak langsung pada kualitas tangkapan. Bahkan Presiden Joko Widodo memberi perhatian pada pemenuhan kebutuhan cold storage ini,” ujar Menteri Saleh di Jakarta, Senin (1/2).

Potensi lestari sumber daya ikan laut Teluk Kupang hampir mencapai 20 ribu ton per tahun. Kupang juga menjadi pusat konsentrasi nelayan dari berbagai daerah seperti Sulawesi, Jawa, Madura, dan NTB.(esy/jpnn)


‎JAKARTA – Setelah membangun 12 pabrik es di beberapa daerah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan membangun sarana yang sama di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News