JPNN.com

Kemenperin Perluas Pasar Permesinan Lokal lewat BMBI Fest

Selasa, 15 September 2020 – 19:29 WIB
Kemenperin Perluas Pasar Permesinan Lokal lewat BMBI Fest - JPNN.com
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBI Fest) pada 15-17 September 2020 untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap industri kecil dan menengah (IKM) tanah air.

Kegiatan yang digelar Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) Kemenperin itu merupakan pameran virtual pertama sebagai kelanjutan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia (Gernas BBI).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa penyelenggeraan BMBI Fest merupakan upaya untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia terutama para pelaku industri untuk mencari IKM pembuat peralatan atau permesinan lokal.

"Sekaligus untuk memperluas dan menggairahkan pemasaran dan jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia,” katanya saat acara pembukaan BMBI Fest di Jakarta, Selasa (15/9).

Menteri Agus menambahkan, era normal baru saat ini telah mengubah perilaku masyarakat dalam belanja. Menurutnya, dampak pandemi telah mempercepat transformasi digital bagi pelaku bisnis maupun masyarakat.

Menyitat data Bank Indonesia, menteri asal Golkar itu mengatakan bahwa telah terjadi lonjakan transaksi perdagangan online sebesar 18,1 persen pada bulan Maret 2020.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara