Kemenpora Lakukan Literasi Pranikah Bagi Pemuda NU Tasikmalaya

Kemenpora Lakukan Literasi Pranikah Bagi Pemuda NU Tasikmalaya
Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Abdul Rafur. Foto: kemenpora

jpnn.com, TASIKMALAYA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus berpartisipasi dalam memberikan pendidikan atau literasi pranikah kepada pemuda di berbagai daerah sebelum mereka membangun rumah tangga.

Kemenpora ingin menyampaikan pesan bahwa kehidupan rumah tangga harus dipersiapkan secara serius oleh pemuda. Tingkat permasalahan masyarakat seperti pelecehan seksual, kenakalan remaja, penelantaran anak, ujaran kebencian dan persoalan sosial memang masih marak.

Hal ini tak lepas akibat renggangnya ikatan keluarga. Sadar akan hal ini, Kemenpora terus menekan permasalahan ini dengan Literasi Pranikah.

Kegiatan ini pun terus digaungkan Kemenpora. Setelah menggelar di berbagai universitas, kini Literasi Pranikah digelar Senin (23/12) di Tasikmalaya dalam Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) Penguatan Kesehatan Reproduksi Pemuda.

“Pernikahan adalah gerbang memasuki kehidupan yang lebih panjang. Sehingga pemuda perlu mempersiapkan diri secara serius,” ujar Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Abdul Rafur dalam rilisnya, Senin (23/12).

Sementara itu Ketua IPPNU Kabupaten Tasikmalaya, Nadia Ulfah menyambut gembira kerja sama ini. Kegiatan yang digelar di Gedung MUI Tasikmalaya ini berdampak positif bagi kaum muda khususnya pelajar Tasikmalaya.

Sehingga, nikah tidak lagi dianggap hal sepele (hanya mengikuti nafsu). Perlu adanya literasi kepemimpinan rumah tangga terlebih dahulu untuk bekal rumah tangga yang sejahtera. Oleh karena itu, kegiatan ini menjawab problematika tersebut.

Senada dengan itu, Husni Mubarak Ketua IPNU berpendapat, dengan adanya kegiatan ini setidaknya anak muda sedikit terbuka. “Kami di IPNU selalu menekankan peran anak muda yang menjadi harapan dan tumpuan masa depan,” ujarnya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus berpartisipasi dalam memberikan pendidikan atau literasi pranikah kepada pemuda di berbagai daerah sebelum mereka membangun rumah tangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News