Kementan Dorong Luas Tambah Tanam dan Optimalisasi Alsintan

Kementan Dorong Luas Tambah Tanam dan Optimalisasi Alsintan
Mentan Amran sat rapat Koordinasi Gabungan Percepatan Serap Gabah Petani (Sergap), Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA), dan Luas Tambah Tanam (LTT) 2018 di Kantor Kementerian Pertanian, Selasa (5/6). Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Tak ingin kehilangan momentum musim tanam 2018, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman koordinasikan program peningkatan produksi padi.

Dalam arahannya disampaikan, untuk mencapai hasil yang optimal, produksi padi tahun ini sangat ditentukan oleh kesuksesan Luas Tambah Tanam (LTT) pada Oktober 2017 hingga Maret 2018.

Hal tersebut dia sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Gabungan Percepatan Serap Gabah Petani (Sergap), Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA), dan Luas Tambah Tanam (LTT) 2018 di Kantor Kementerian Pertanian, Selasa (5/6).

Mentan menyampaikan, sejumlah langkah telah dipersiapkan untuk mendorong LTT agar bisa menggenjot produksi padi nasional. Berdasarkan data, hingga Mei 2018 LTT sudah mencapai 72,69%.

Namun demikian, Amran belum cukup puas, karena menurutnya masih banyak daerah yang LTTnya masih rendah dan tidak mencapai target, hanya 75,45%.

Untuk itu Amran menyatakan, bagi provinsi atau kabupaten yang tidak mencapai target akan dilakukan langkah penting salah satunya adalah mengevaluasi kinerja dan jabatan Pj Upsus Pusat yang bertugas di wilayah tersebut.

"Jika perlu, alokasi anggaran semester kedua Tahun 2018 bagi provinsi atau kabupaten yang kinerjanya rendah akan dialihkan ke provinsi atau kabupaten lain," tegas Amran.

Beberapa upaya percepatan yang harus dilakukan adalah mencari lahan yang baru panen, beras, yang belum diolah. Amran meminta koordinasi dilakukan dengan Dinas Pertanian, Kodim, Penyuluh, Koramil/Babinsa dan menggerakkan mahasiswa STPP dan alumni agar segera mendistribusikan alsintan dan mengolah lahan.

Tak ingin kehilangan momentum musim tanam 2018, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman koordinasikan program peningkatan produksi padi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News