Kementan Dorong Petani Berkiprah di Era Revolusi Industri

Kementan Dorong Petani Berkiprah di Era Revolusi Industri
Kementan mendorong petani untuk berkiprah di era revolusi industry 4.0. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong petani untuk berkiprah di era revolusi industry 4.0. Program yang akan dikembangkan oleh Kementerian pertanian yaitu petani milenial dan program sertifikasi kompetensil, dengan harapan munculnya petani-petani kompeten pada masa datang. Di Cikajang, Garut, bahkan ada seorang entrepreneur muda bernama Rizal Fakhreza, yang telah merangkap menjadi “Duta Petani Asean”.

Demikian diungkapkan Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan, Andriko Noto Susanto di Jakarta, Selasa (8/1).

Menurut Andriko, tuntutan di era saat ini adalah kecepatan dan kreatifitas. Digitalisasi, bioteknologi, dan efektivitas proses menjadi kunci dari revolusi agrikultur dalam era ini. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah bencana demografi, di mana jumlah penduduk dengan usia produktif lebih rendah dibanding penduduk usia non-produktif.

“Lain lagi dengan Indonesia yang mengalami bonus demografi, sehingga revolusi tersebut belum dapat dirasakan di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya pertanian konvensional yang ditemui di berbagai wilayah Indonesia,” ujarnya.

Andriko menjelaskan selain yang diutarakan di atas, permasalahan yang juga terjadi di Indonesia yaitu mengenai akses menuju teknologi dan bahan yang berkualitas. Meskipun banyak teknologi pertanian yang dihasilkan di Indonesia, namun para petani di daerah belum memiliki akses yang baik ke sana.

Hal tersebut, ucap Andriko, diakibatkan kondisi sosio ekonomi masyarakat Indonesia yang majemuk. Andriko juga mengungkapkan bahwa ketimpangan kelas sosial yang ada di Indonesia sangat tinggi. Sehingga, perlu segera dilakukan pemetaan petani, dari yang belum siap hingga yang siap menghadapi Revolusi Industri 4.0.

“Sesuatu yang diperlukan Indonesia adalah mendorong petani lokal agar lebih mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. Petani harus dibekali dengan pelatihan kompetensi sehingga mampu bersaing dan berkiprah di era Revolusi Industri 4.0,” katanya.

“Tugas Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian adalah menjadi garda depan dalam menyiapkan SDM pertanian yang professional, mandiri dan berdaya saing yang tanggap, mampu menerima dan memproses dampak Revolusi Industri 4.0,” tambahnya.

Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong petani untuk berkiprah di era revolusi industry 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News