JPNN.com

Kementan Gandeng Kemendikbud Demi Memperkuat Peran SDM Pertanian

Rabu, 03 Maret 2021 – 20:21 WIB
Kementan Gandeng Kemendikbud Demi Memperkuat Peran SDM Pertanian - JPNN.com
Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Mendikbud Nadiem Makarim teken kerja sama penguatan SDM pertanian. Hadir juga Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi. Rabu (3/.3). Foto: Humas BPPSDMP.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) akan menggenjot petani milenial untuk menciptakan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam kegiatan Millenial Agriculture Forum (MAF) yang digelar BPPSDMP melalui aplikasi Zoom, Rabu (3/3/2021).

Jalinan kerja sama dalam bentuk Kesepakatan Bersama Kesinergisan Bidang Pertanian tersebut ditandatangani langsung oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Mendikbud Nadiem Makarim secara virtual.

Selain itu dilakukan juga penandatanganan Kerja Sama Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian antara Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi dengan Dirjen Perguruan Tinggi Kemendikbud Nizam.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan akan berusaha mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri, dan modern.

"Oleh karena itu, kita harus bertindak cepat agar mencapai kinerja yang lebih baik. Kita juga harus memaksimalkan potensi SDM yang kita punya. Juga memanfaatkan teknologi yang mutakhir," kata Syahrul.

Menurutnya, Indonesia adalah negara besar yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

"Kalau kita mau meramu apa yang paling cepat untuk dipersiapkan besok, maka yang paling siap adalah pertanian. Kita punya kultur tanah yang luar biasa. Sinar matahari yang melimpah, air yang mencukupi, dan jumlah manusia yang tidak kecil. Tetapi itu semua harus didukung sains, riset dan teknologi. Oleh karena itu pertanian membutuhkan Kemendikbud untuk menyiapkan SDM yang lebih baik," ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...