Kementan Harap PT CPIN Tambah Mobil Pengering Jagung

Kementan Harap PT CPIN Tambah Mobil Pengering Jagung
Gedung Kementerian Pertanian. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berharap PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) menambah bantuan mobil pengering jagung.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita mengatakan, harusnya ada sepuluh mobil pengering untuk memudahkan petani dalam mengelola jagung pascapanen.

"Sekarang yang diberikan ada tiga. Kami maunya ditambah tujuh agar total sepuluh unit," kata Ketut dalam acara penerimaan tiga unit mobil pengering jagung dari PT CPIN di Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (3/8).

Untuk tiga mobil yang diserahkan hari ini, Ketut mengaku akan dikerahkan ke Lampung, Nusa Tenggara Barat dan Gorontalo. Tiga lokasi itu, menurut Ketut, sangat membutuhkan bantuan mesin pengering.

"Permasalahan pascapanen ini harus dikelola sebaik-baiknya supaya petani tidak rugi. Karena yang jadi masalah bagi petani adalah pengelolaan pascapanen, apalagi masuk musim penghujan," kata Ketut.

Sementara Presiden Komisaris PT CPIN T Hadi Gunawan mengatakan, bantuan ini diberikan guna mempercepat realisasi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam swasembada jagung.

"Besar harapan kami dapat mengatasi masalah pascapanen," kata dia.

Persoalan utama petani jagung, kata Hadi, berada pada mesin pengering. Sejauh ini, infrastruktur prapanen sudah mumpuni, tetapi untuk pascapanen masih minim.

Sejauh ini, infrastruktur prapanen sudah mumpuni, tetapi untuk pascapanen masih minim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News