Kementan Lirik Potensi Lahan di Ciwidey Bandung

Sukseskan Swasembada Bawang Putih 2012

Kementan Lirik Potensi Lahan di Ciwidey Bandung
Kelompok tani bawang putih Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANDUNG - Ciwidey merupakan salah satu penghasil dan pemasok bawang putih untuk wilayah Jabodetabek. Sejak tahun 1979, Ciwidey sudah dikenal sebagai penghasil bawang putih khususnya bawang putih muda.

Selama kurun waktu 5 tahun terakhir ini, semangat petani bawang putih semakin tinggi mengingat permintaan pasokan dan harga sesuai dengan harapan para kelompok tani.

Menurut Kepala Seksi Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Fely Fitriani, potensi pengembangan bawang putih di Kabupaten Bandung mencapai 10.000 ha, yang meliputi Kecamatan Pasir Jambu dan Ciwidey sekitar 5.000 ha, Kecamatan Cimenyan 3.000 Ha dan dan Kecamatan Pengalengan 2.000 Ha.

“Kami siap menyukseskan swasembada bawang putih 2021 sesuai amanah dan perintah dari Bapak Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman,” demikian disampaian Fely di Bandung, Sabtu (23/6/2018).

Menurut Muhtar, ketua kelompok tani Bawang putih Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey bahwa luas tanam bawang putih eksisting mencapai 30 ha, dengan Varieteas yang ditanam meliputi Lumbu Hijau, Lumbu Kuning, Tawanmangu Baru dan Sangga Sembalun.

Produktivitas rata rata bisa mencapai 12 hingga 15 ton/ha. Harga panen basah mencapai Rp. 13.000/kg. Untuk panen muda harganya lebih tinggi yaitu Rp. 20.000/ha.

“Alasanya karena selama ini pemasok bawang putih muda sebagian besar dipasok dari Ciwidey Kabupaten Bandung, sedangkan harga benih kami jual Rp. 60.000,” sebutnya.

Ketua Kelompok Sauyunan Desa Marga Mekar Kecamatan Pengalengan, Juhara menambhakan sentra bawang putih di wilayah kami sudah mengembangkan manajemen tanam yang disepakati oleh kelompok. Minimal harus ada tanam dan panen 2 ha per hari. Bila kurang dari 2 ha pasokan bisa berkurang masuk ke wilayah Jabodetabek.

Dalam rangka menyukseskan swasembada Bawang Putih 2012, kementan melirik potensi lahan di Ciwidey Bandung, Jabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News