Kementan Optimistis Target 200 Ribu Hektare Program Serasi di Sumsel Tercapai

Kementan Optimistis Target 200 Ribu Hektare Program Serasi di Sumsel Tercapai
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANYUASIN - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) siap kejar target 200 ribu hektare dalam program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi). Yang terluas berada di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru langsung lakukan peninjauan di kedua wilayah itu.

Pertama, peninjauan dilakukan di lahan gambut yang akan segera dijadikan lahan pertanian untuk program Serasi tepatnya di Muara Padang kabupaten Banyuasin.

Lahan yang luasnya lebih dari 100 ribu hektare ini, akan segera diolah supaya bisa langsung ditanami padi dan akan terus diawasi pengerjaannya oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan bersama dengan Kementerian Pertanian.

"Target untuk Sumsel adalah 200 ribu Ha di mana dapat meningkatkan pendapatan petani Rp 14 triliun. Hal ini luar biasa," ucap Mentan Amran usai kunjungan di Muara Padang, Rabu (28/8).

Mentan Amran menyampaikan, saat ini pertanian Indonesia sudah berevolusi dari pertanian tradisional menuju pertanian modern.

Tujuannya menekan biaya produksi 50% kemudian meningkatkan planting indeks yang dulunya tanam 1 kali menjadi 2 kali dan bertambah lagi menjadi 3 kali.

Selain itu, produktivitasnya juga naik. Dan yang paling penting pemuda tani saat ini sebanyak 500 ribu orang sudah turun ke dunia pertanian dikarenakan pertanian zaman sekarang sudah menggunakan alat-alat pertanian modern.

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) siap kejar target 200 ribu hektare dalam program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi). Yang terluas berada di Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News