Kementan Pantau Luas Tanam Harian Secara Berjenjang

Kementan Pantau Luas Tanam Harian Secara Berjenjang
Persawahan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan monitoring luas tanam padi dan jagung secara harian dan berjenjang, mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional.

Data dikumpulkan petugas lapangan dan dikirim melalui SMS ke smscenter dengan aplikasi secara online.

Data luas tanam harian ini diperlukan untuk kepentingan intern kementan sebagai bahan pengambilan kebijakan dan langkah teknis operasioanal di lapang guna meningkatkan produksi.

Sebagai contoh untuk target luas tanam padi nasional bulan Juli 2017 seluas 1.179.065 ha, realisasi sampai dengan tanggal 14 Juli 2017 seluas 415.801 ha.

Begitu juga untuk jagung, kedelai, cabai, bawang merah, Inseminasi Buatan (IB), sapi bunting, sapi melahirkan dan lainnya.

Kementan sepakat dengan apa yang disampaikan Deputi Bidang Statistik Produksi BPS Adi Lumaksono yang menyatakan bahwa pengujian di Kabupaten Indramayu dan Garut pada 2015 tidak dimaksudkan untuk memperkirakan produksi.

Uji coba digelar untuk memperbaiki cara menghitung selama ini dengan SP-padi. Hasil uji coba Kerangka sampling area (KSA) tidak bisa digunakan untuk menyimpulkan luas panen sebab masih ada kekurangan.

Dalam upaya untuk meningkatkan keakurasian data pangan tersebut, Kementan bersama Institusi terkait saat ini sedang berupaya meningkatkan keakurasiannya.

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan monitoring luas tanam padi dan jagung secara harian dan berjenjang, mulai dari desa, kecamatan, kabupaten,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News