Kementan Perketat Pengawasan Lalu Lintas dan Pemeriksaan Hewan Kurban

Kementan Perketat Pengawasan Lalu Lintas dan Pemeriksaan Hewan Kurban
Hewan kurban. Foto Ahmad Fachry/PojokBekasi

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) memperketat pengawasan lalu lintas dan pemeriksaan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha. Hal ini dilakukan guna mencegah hewan yang tidak sehat dan kemudian dibeli oleh masyarakat untuk kurban.

“Masyarakat memerlukan jaminan untuk kesehatan hewan kurban yang akan mereka potong dan produknya yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH),” kata Direktur Kesehatan Hewan Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Sabtu (27/7).

Fadjar menegaskan bahwa koordinasi dengan seluruh stakeholder sangat diperlukan dalam rangka pemetaan untuk mengawasi serta memantau wilayah pemasok, dan juga penerima hewan yang berisiko terjangkit Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS).

BACA JUGA: Ekspor Buah Nanas Meningkat, Indonesia Sasar Argentina

Menurut Fadjar, keberhasilan seluruh pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemantauan hewan kurban akan dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah, peran seluruh petugas, dan partisipasi masyarakat.

Lanjut Fadjar, kesehatan hewan erat kaitannya dengan syarat utama dalam memilih hewan kurban yang sesuai syariat Islam yakni tidak cacat, sehat, dan sesuai umurnya. Hal tersebut dapat dilakukan oleh petugas kesehatan hewan yang melakukan pemeriksaan hewan sebelum dipotong guna mencegah penularan penyakit ke manusia.

BACA JUGA: Kementan Targetkan Menjadi Badan Publik Informatif 2019

Nantinya, apabila petugas menemukan hewan kurban yang sakit, maka harus segera melaporkan ke dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan dengan cepat, sehingga dapat dilakukan obeservasi dan pemeriksaan lebih lanjut terhadap ternak tersebut. Namun bila dalam pemeriksaan ditemukan ketidaklayakan untuk dikurbankan, maka dapat diambil keputusan menunda hewan tersebut untuk disembelih atau mengganti hewan kurban yang sakit atau cacat dengan yang sehat.

Ditjen PKH Kementan memperketat pengawasan lalu lintas dan pemeriksaan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News