Kementan Targetkan Menjadi Badan Publik Informatif 2019

Kementan Targetkan Menjadi Badan Publik Informatif 2019
Pejabat Kementan melakukan penandatanganan Komitmen Bersama. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Sesuai dengan amanah Undang-Undang Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai badan publik wajib memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat sekaligus menciptakan dan menjamin keterbukaan akses seluas-luasnya atas informasi publik yang dimiliki dengan mudah dan tepat kepada masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, Pejabat Tinggi Madya sebagai Pimpinan Unit Kerja Eselon I Kementerian Pertanian selaku Penanggung Jawab Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Eselon I, melakukan penandatanganan Komitmen Bersama bertempat di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (26/7).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Hendra J Kede. Hendra menyampaikan bahwa Kementan merupakan kementerian pertama yang secara resmi mengerahkan pejabat Eselon I nya untuk menandatangani kesepakatan bersama. “Kementan merupakan kementerian pertama yang saya ketahui ada surat resmi kepada seluruh satuan kerja di level eselon I untuk menandatangani kesepakatan bersama terkait komitmen keterbukaan informasi” ujar Hendra.

BACA JUGA: Kementan Tingkatkan Ekspor Sarang Walet Ke Tiongkok

“Hal ini merupakan bukti komitmen keseriusan Kementan karena keterbukaan informasi publik merupakan hak konstitusional tiap masyarakat” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi inisiatif Kementan untuk melakukan komitmen bersama di lingkup internal. “Saya sangat mengapresiasi inisiatif penandatangan justru datang dari Kementan. Penandatanganan MoU internal ini merupakan bentuk komitmen keterbukaan informasi publik. Isi MoU nya pun jelas, untuk komitmen keterbukaan informasi” ujarnya.

BACA JUGA: Perdana di Sumbar, Jambore Organik Kampanyekan Pangan Sehat

Lebih lanjut ia menjelaskan, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang sangat peduli dengan keterbukaan informasi publik. “Semoga ini bisa menjadi contoh kementerian yang lain” ujarnya.

Pejabat Kementan melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk menjadi Badan Publik Informatif 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News