Kementan Terus Kawal Kebijakan Pupuk Bersubsidi

Kementan Terus Kawal Kebijakan Pupuk Bersubsidi
Pupuk bersubsidi. Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian dan PT Pupuk Indonesia akan terus mengawal secara maksimal kebijakan terkait pupuk bersubsidi.

Hal ini disampaikan dalam Dialektika bertema 'Evaluasi Subsidi Pupuk, Tunai Jadi Solusi?' Rabu (10/2), yang disiarkan secara live streaming.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemerintah selalu mengawal kebijakan yang dikeluarkan, termasuk mengenai pupuk bersubsidi.

"Pupuk subsidi adalah bentuk keseriusan pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan. Dengan kebijakan ini, kami ingin meningkatkan produktivitas pertanian. Untuk itu kami selalu memantau dan mengawal kebijakan pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran," ujarnya.

Kasubdit Pupuk Bersubsidi Yanti Ermawati, mengatakan Kementan berupaya maksimal menetapkan kebijakan yang paling minim resiko paling banyak manfaat.

"Namun, kebijakan tersebut membutuhkan sinergi dari instansi terkait, karena tidak mungkin kami bergerak sendiri," serunya.

Mengenai penyaluran pupuk bersubsidi, Kementerian Perdagangan menetapkan secara tertutup agar bisa langsung ke sasaran.

"Dalam hal penyaluran pupuk dilakukan secara tertutup melalui Permendag 15/2013 agar penyaluran lebih ke sasaran dan tepat waktu. Kami juga menyesuaikan musim tanam dan berupaya untuk melakukan penyaluran agar tepat waktu," jelasnya.

Kementerian Pertanian dan PT Pupuk Indonesia akan terus mengawal secara maksimal kebijakan terkait pupuk bersubsidi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News