Kementan Umumkan Vaksin PMK Tahap 2 Tiba Malam Ini, Alhamdulillah

Kementan Umumkan Vaksin PMK Tahap 2 Tiba Malam Ini, Alhamdulillah
Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pengiriman vaksin tahap kedua akan tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pengiriman vaksin tahap kedua akan tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/6) malam.

Vaksin PMK yang dikirim dari Prancis itu nantinya akan dipropritaskan untuk hewan sehat yang berada di zona merah dan kuning.

"Mengingat jumlah vaksin masih terbatas maka penyuntikkan akan diprioritaskan pada hewan sehat yang ada di wilayah sumber perbibitan dan sentra peternakan sapi perah," ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, Kamis (16/6).

Menurut Kuntoro, mekanisme pendistribusian vaksin tahap kedua itu akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dinas peternakan, dan para pengawas di lapangan agar dalam proses pendistribusiananya tepat sasaran.

Dia menjelaskan untuk mempercepat vaksinasi massal, Kementan menggelar training of trainers untuk melatih dan mempersiapkan tenaga kesehatan hewan.

"Agar bisa mengajarkan kepada para tenaga kesehatan lainnya di daerah masing-masing," katanya.

Namun di sisi lain, kata Kuntoro, pemerintah mengimbau agar para peternak mau menerapkan bio security kandang.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi lalu lintas hewan ternak dan mengikuti protokol kesehatan yang disampaikan petugas di lapangan.

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pengiriman vaksin tahap kedua akan tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News